Penerapan Odoo di SIRCLO, Mempercepat Fulfillment E-Commerce

Penerapan Odoo di SIRCLO, Mempercepat Fulfillment E-Commerce

SIRCLO adalah perusahaan e-commerce yang berlokasi di Tangerang dengan lebih dari 1000 orang karyawan. Total ada 132 pengguna di SIRCLO yang memanfaatkan Odoo. Aplikasi Odoo yang diterapkan antara lain: Purchase, Inventory, Sales, Invoice, dan Studio. Aplikasi Odoo ini dipasang secara on-premise.

Artikel ini merupakan terjemahan dari publikasi di blog resmi Odoo: “SIRCLO: Expedite Ecommerce Fulfillment With Odoo”

Tentang SIRCLO

Dirintis dari tim kecil dengan passion yang besar pada tahun 2013, pertumbuhan SIRCLO yang cepat menjadikannya salah satu startup e-commerce terbaik di Indonesia dekade ini. Memposisikan diri sebagai e-commerce enabler, SIRCLO memiliki misi membantu bisnis di Indonesia untuk go online dengan 2 solusi: SIRCLO Entrepreneur dan SIRCLO Enterprise Solutions.

Pada Entrepreneur Solutions, SIRCLO menawarkan platform manajemen penjualan di website toko online, marketplace, dan chat. Solusi ini mereka sebut dengan SIRCLO Store. Sedangkan untuk Enterprise Solutions, SIRCLO memberikan layanan teknologi omnichannel kustom melalui ICUBE dan SIRCLO Commerce. Kedua produk ini menghubungkan bisnis dengan berbagai online marketplace di Asia Tenggara dengan layanan end-to-end enabler.

Video SIRCLO Store

Dalam perjalan menjadi raksasa e-commerce, SIRCLO melakukan merger dengan ICUBE (Premier Magento Partner), dan mengakuisisi platform parenting terbesar di Indonesia, Orami. Saat ini, SIRCLO memiliki lebih dari 1000 karyawan, 4 fulfillment center, dan kantor di beberapa kota besar: Tangerang, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta.

Tantangan di Manajemen Inventory

Manajemen inventory di SIRCLO

Sebelum Odoo, SIRCLO menggunakan software manajemen inventory sederhana untuk mengelola 2 fulfillment center mereka. Seiring dengan pertumbuhan pelanggan dan karyawan yang naik berkali lipat, manajemen SIRCLO menemukan bahwa sistem yang ada memiliki keterbatasan.

Sistem tersebut tidak dapat:

  • Menangani pesanan, transaksi, dan pergerakan inventory dalam jumlah yang besar.
  • Mengatur rute pergerakan inventory sesuai kebutuhan.
  • Menyajikan forecast. Sistem tidak memiliki fitur untuk data analytics & forecasts, dimana hal ini krusial untuk perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG).

Setelah mengevaluasi beberapa solusi, tim manajemen SIRCLO memutuskan untuk menggunakan Odoo. Odoo tidak hanya menyediakan solusi untuk manajemen inventory, tetapi juga untuk penjualan, invoice, dan akuntansi.

Optimasi pada Pemrosesan Pemesanan dan Fulfillment

Proses fulfillment SIRCLO dimulai dengan mengumpulkan ribuan pesanan pelanggan dari beberapa sumber, seperti marketplace dan website. Pesanan tersebut dikumpulkan di Order Management System perusahaan, yang terintegrasi dengan Odoo Inventory System (Sales, Purchase, dan Inventory Apps).

Saat ini, SIRCLO Commerce memaksimalkan sumber daya dan proses gudang dengan fitur-fitur Odoo berikut ini:

1. Varian Produk Multi-Level dan Traceability

Dikarenakan pelanggan SIRCLO datang dari beragam sektor industri, penggunaan Odoo Inventory memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan produknya. Produk dapat dikelompokkan sesuai varian dengan fleksibel, serta dukungan pada varian multi-level.

Pelacakan pesanan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah dimana setiap produk / boks diberi label dan dilacak menggunakan nomor serial dan lot dari Odoo Inventory. Peringatan otomatis diterapkan di sistem untuk mencegah tumpang tindih dan ketidakakuratan input nomor serial dan lot.

2. Integrasi dengan Barcode

Pemanfaatan Odoo Barcode

Staf gudang SIRCLO menggunakan modul Barcode dari Odoo untuk memindai nomor serial dan lot dari produk, dan juga mendaftarkan persetujuan dan pengiriman produk dalam hitungan detik. Tidak membutuhkan input manual sama sekali. Proses ini membantu pemrosesan pesanan menghemat 2 jam dalam sehari dibandingkan input manual.

3. Rute Pergerakan Inventory yang Dapat Dikustomisasi

Kustomisasi Rute di Odoo

Dengan fitur Rute Pergerakan Inventory yang dapat dikustomisasi dari Odoo Inventory, proses perpindahan barang semua tercatat otomatis. Ini membantu mendefinisikan rute untuk Dropshipping, Replenishing, Cross-docking, dan Penerimaan & Pengiriman Barang.

4. Manajemen Gudang Multi-Lokasi

Dengan fungsi Manajemen Gudang Multi-Lokasi, SIRCLO dengan mudah mengelola fulfillment center mereka, termasuk mengontrol proses perpindahan barang.

5. Shipment

Mulai dari pemeriksaan awal pesanan hingga shipment, SIRCLO dapat memberikan informasi status produk kepada pelanggan mereka. Odoo membantu shipment sebanyak mungkin dalam sehari dengan kesalahan dan penundaan yang minimal.

6. Pelaporan dan Forecasting

Fitur Pelaporan dan Forecasting dari Odoo membantu Manajer Gudang SIRCLO dalam menyajikan laporan analitik dari inventory berdasarkan berbagai filter data. Mereka menghemat 4 jam dibandingkan menggunakan spreadsheet.

Hasil yang Luar Biasa

SIRCLO mengalami pertumbuhan transaksi 2 kali lipat Year-Over-Year (YOY) sejak 2017, dan pada tahun 2020 mencatat pendapatan operasional bersih mencapai 3,3 Triliun rupiah. SIRCLO memberikan kredit khusus untuk kemudahan integrasi dan fleksibilitas kustomisasi dari Odoo yang berperan besar dalam kesuksesan mereka.


Pollux Integra merupakan perusahaan yang melayani jasa konsultasi dan implementasi Odoo ERP & CRM. Berpengalaman dalam implementasi ERP & CRM sejak tahun 2012. Untuk pertanyaan dan konsultasi, silakan hubungi kami di 0817-9662-311.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.