Odoo, Aplikasi ERP dan CRM Gratis untuk Bisnis Anda

Odoo, Aplikasi ERP dan CRM Gratis untuk Bisnis Anda

Awalnya, Odoo adalah aplikasi ERP dan CRM open source yang dirilis pada 2005. Kini, Odoo telah bertransformasi menjadi sebuah platform solusi manajemen bisnis yang komprehensif. Odoo menawarkan beragam aplikasi bisnis, seperti CRM, Project Management, Purchasing, Inventory, Website & E-Commerce, Accounting, Marketing Automation, hingga Low-Code Platform. Beberapa aplikasi masih tersedia gratis dan open source, sebagian lainnya memiliki lisensi berbayar.

Apa itu Odoo?

Odoo adalah sebuah platform solusi manajemen bisnis yang lengkap dan terintegrasi. Odoo terdiri dari banyak aplikasi atau modul, seperti CRM, Project Management, Purchasing, Inventory, Website & E-Commerce, Accounting, Marketing Automation, hingga Low-Code Platform.

Video resmi pengenalan Odoo

Pada saat peluncuran pertamanya, aplikasi ini bernama TinyERP (kemudian berganti menjadi OpenERP), yang sepenuhnya gratis dan open source. Sejak versi 9.0 Odoo beralih menjadi open core software, dimana ada beberapa modul yang berbayar. Pada tahun 2013, dibentuklah organisasi nirlaba dengan nama Odoo Community Association untuk membantu kampanye penggunaan dan pengembangan Odoo Community Edition.

Framework Odoo terdiri dari lebih dari 30 aplikasi, yang disebut dengan Odoo Core Modules, dan juga modul tambahan yang dikembangkan oleh komunitas. Arsitektur Odoo yang fleksibel, memungkinkan para pengembang software di seluruh dunia untuk membuat aplikasi atau modul tambahan. Aplikasi tambahan ini dapat dipublikasikan di Odoo Apps Store, baik gratis maupun berbayar.

Saat ini, Odoo terdiri dari 2 edisi: Odoo Community Edition (Odoo CE) dan Odoo Enterprise Edition (Odoo EE). Odoo CE dapat diunduh secara gratis dan diinstalasi di server sendiri. Sedangkan Odoo EE adalah versi berbayar yang menawarkan 3 opsi pemasangan: cloud, on premise, dan Odoo.sh.

Aplikasi ERP dan CRM

Awalnya, Odoo adalah sebuah aplikasi ERP dan CRM. Hal ini dapat terlihat dari namanya, TinyERP yang kemudian berubah menjadi OpenERP. Seiring dengan semakin matangnya platform Odoo, sekarang software ini telah berkembang menjadi solusi manajemen bisnis yang lebih lengkap. Tidak hanya sekedar ERP dan CRM.

ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning. Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia berarti Perencanaan Sumber Daya Perusahaan. ERP adalah software terintegrasi yang digunakan untuk mengelola aktivitas operasional perusahaan sehari-hari. Mulai dari Pengadaan atau Pembelian (Purchasing), Inventory, Produksi, Penjualan, hingga Keuangan dan Akuntansi.

Sales Pipeline, salah satu fitur Odoo CRM

Sedangkan CRM, Customer Relationship Management, adalah software yang digunakan untuk mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan. Software CRM ini mencatat data pelanggan serta riwayat komunikasi dan transaksinya. Dengan software CRM, perusahaan dapat mengoptimalkan profitabilitas hubungan dengan pelanggan.

Aplikasi dan Modul Odoo

Odoo Core Modules. Sumber: PPTS Solutions

Odoo mengelompokkan aplikasi-aplikasinya ke dalam beberapa kategori sesuai fungsinya. Berikut ini kategori dari aplikasi inti Odoo:

1. Keuangan – Kategori yang terkait dengan keuangan dan akuntansi. Aplikasinya antara lain: Akuntansi, Faktur, Pengeluaran, Spreadsheet (Business Intelligence), Dokumen, dan Tanda Tangan Digital.

2. Penjualan – Kategori yang berkaitan dengan aktivitas penjualan dan hubungan pelanggan. Aplikasinya antara lain: CRM, Penjualan, Point of Sales (POS), Subscription, Penyewaan, dan Amazon Connector.

3. Website – Kategori aplikasi yang berhubungan dengan pembuatan website, toko online, dan platform web lainnya. Aplikasinya antara lain: Website Builder, E-Commerce, Blog, Forum, Live Chat, dan E-Learning.

4. Inventory & MRP – Kategori yang berhubungan dengan inventory, produksi, dan perencanaan material. Aplikasinya antara lain: Inventory, Produksi, Product Lifecycle Management (PLM), Purchasing, Maintenance, dan Quality Management.

5. Sumber Daya Manusia – Kategori yang terkait dengan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Aplikasinya antara lain: Database Pegawai, Rekrutmen, Manajemen Cuti, Penilaian & Kinerja, Referensi, dan Fleet Management.

6. Pemasaran – Kategori aplikasi yang digunakan untuk membantu aktivitas pemasaran perusahaan. Aplikasinya antara lain: Social Marketing, Email Marketing, SMS Marketing, Manajemen Event, Marketing Automation, dan Survey.

7. Layanan – Kategori yang berkaitan dengan pemenuhan jasa dan layanan kepada pelanggan. Aplikasinya antara lain: Project Management, Timesheet, Field Service, Call Center, Planning, dan Appointment.

8. Produktivitas – Kategori terakhir, mengelompokkan aplikasi untuk mendukung produktivitas operasional perusahaan. Discuss, Approval, IoT, VoIP.

Kelebihan Odoo

Platform Odoo telah digunakan lebih dari 7 juta orang di seluruh dunia. Berikut ini beberapa kelebihan Odoo yang membuat mereka memilih Odoo dibandingkan platform lainnya:

1. Solusi Manajemen Bisnis yang Lengkap

Odoo menawarkan berbagai aplikasi untuk mendukung segala kebutuhan bisnis. Solusi ini juga dapat diterapkan di berbagai sektor industri. Keunggulan lain dari Odoo adalah aplikasi berbasis web yang dapat diakses kapan pun dan dimana pun.

2. Modular

Aplikasi Odoo bersifat sangat fleksibel, namun tetap terintegrasi. Anda dapat menggunakan modul-modul yang dibutuhkan saja, tidak harus semuanya. Jika tidak menemukan aplikasi dari Odoo Core Module, Anda dapat mencari aplikasi yang dibuat oleh komunitas pengembang di Odoo Apps Store.

3. Mudah Dikustomisasi

Dengan kode sumber yang bersifat open source, Odoo dapat dengan mudah dipelajari. Hal ini membuat Odoo mudah dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Proses bisnis di industri yang berbeda membutuhkan aplikasi ERP dan CRM yang siap dikustomisasi. Kemudahan kustomisasi adalah salah satu kelebihan Odoo.

4. Opsi Pemasangan yang Beragam

Odoo menawarkan berbagai versi sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Jika tidak ingin repot mempersiapkan infrastruktur, ada versi Odoo Cloud. Jika ingin menyimpan data di server sendiri, Odoo On-Premise solusinya. Yang terakhir ada Odoo.sh, solusi cloud Odoo yang mendukung pengembangan terintegrasi dan berkelanjutan (Continous Integration / Continous Development – CI / CD).

Berbagai opsi pemasangan Odoo: Odoo Online, Odoo.sh, dan Odoo On-Premise. Sumber: ERP Cloud

5. Investasi yang Terjangkau

Dengan investasi yang minimal, Anda dapat memperoleh solusi ERP dan CRM yang canggih dari Odoo Community Edition. Odoo CE adalah solusi ERP dan CRM yang gratis, namun tidak murahan. Untuk Odoo Enterprise Edition-nya pun dapat Anda peroleh dengan investasi yang lebih terjangkau dari produk ERP dan CRM lain di pasaran.

Kesimpulan

Odoo merupakan salah satu aplikasi ERP dan CRM yang telah berkembang menjadi platform solusi manajemen bisnis yang lebih lengkap. Anda dapat menggunakan Odoo secara gratis dengan Odoo Community Edition. Solusi Odoo mencakup berbagai hal dalam fungsional sebuah bisnis. Mulai dari CRM, Project Management, Purchasing, Inventory, Website & E-Commerce, Accounting, Marketing Automation, hingga Low-Code Platform.


Pollux Integra merupakan perusahaan yang melayani jasa konsultasi dan implementasi Odoo ERP & CRM. Berpengalaman dalam implementasi ERP & CRM sejak tahun 2012. Untuk pertanyaan dan konsultasi, silakan hubungi kami di 0817-9662-311.

Share this post

Comments (2)

  • Hariyanto Reply

    Selamat sore mas Arga. Ulasan mengenai Odoo-nya sangat menarik bagi saya. Saya ingin tanya, apakah perusahaan bisa menggunakan Odoo untuk berkembang?

    June 9, 2022 at 14:39
    • Arga Dinata Reply

      Halo, salam kenal Pak Hariyanto.

      Tentu saja Odoo adalah aplikasi yang tepat untuk membantu bisnis tumbuh dan berkembang.

      Untuk langkah awal, biasanya client kami menggunakan Odoo untuk membantu pencatatan penjualan, penerbitan invoice, dan monitoring stok.

      Saya kontak via email ya pak untuk diskusi lebih lanjut.

      Salam,
      Arga Dinata

      June 13, 2022 at 10:42

Leave a Reply

Your email address will not be published.